Sekda Kabupaten Bandung Barat Sambut Baik Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BANDUNG RAYA55 Dilihat

Bandung Barat, Barometer Jabar – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Bandung Barat mendapat respons positif dari pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Bandung Barat (KBB) Raden Eriska Hendrayana, usai membuka kegiatan ang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB.

“Pemerintah Bandung Barat sangat menyambut baik kegiatan seperti ini, apalagi Pak Pj Bupati sangat concern pada persoalan sampah,” tutur Eriska, Kamis (11/7/2024).

Baca juga: 160 Pejabat Fungsional Kota Cimahi Ikuti Sosialisasi Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2023

Menurutnya, Penjabat Bupati Bandung Ade Zakir ingin memberikan contoh kepada seluruh masyarakat terkait pengelolaan sampah yang dimulai dari sampah yang diproduksi lingkungan perkantoran Pemda KBB.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya tengah melakukan upaya agar residu yang dihasilkan dari sampah lingkungan perkantoran Pemda tersebut hanya menyisakan maksimum 30 persen saja.

Dalam kegiatan tersebut, Sekda Eriska bersama Ketua DPRD KBB Ripqi Ahmad Sulaeman, dan Kepala DLH KBB melakukan penanaman pohon di Taman Kehati.

Baca juga: Gowes For Trees, Kemeriahan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Bandung Barat

Menurut Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Hidup DLH KBB, Zamilia Floreta, kegiatan tersebut sekaligus menjadi tanda diresmikannya taman hutan kota di komplek Pemda KBB itu.

“Secara simbolis ada 20 tanaman langka di RTH Kehati support dari Dinas Kehutanan Jabar dengan jenis tanaman endemik dan khas Jawa Barat,” tuturnya.

Zamilia menyebut, 20 jenis tanaman endemik tersebut diantaranya mahoni dan pohon buah klengkeng dengan varian yang langka.

Baca juga: 119 Pejabat Pemkot Cimahi Duduki Posisi Baru Usai Dilantik Penjabat Wali Kota

“Agar hutan kota ini bisa difungsikan sebagai RTH Keanekaragaman hayati, didalam hutan ini memperbanyak tanaman endemik khas Jabar baik jumlah maupun jenisnya,” jelasnya.

Ia mengungapkan, sebelum terjadi pelimpahan aset kepada pihaknya (DLH), banyak warga yang bertanya manfaat dari utan kota tersebut, terutama terkait dengan kegiatan masyarakat.

Kini, Zamilia memastikan hutan kota tersebutdapatdioptimalkan menjadi RTH keanekaragaman hayati yang dapat digunakan masyarakat untuk berbagai kegiatan, termasuk berolahraga.

Baca juga: Tawashul Kitab Agung Yaasiin Al Fadhilah Bersamaan dengan Pernikahan Cicit KH Abdulloh Wazin

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingat KBB itu juga berlangsung pentas seni dan budaya dari perwakilan sekolah di KBB.

Beberapa stan yang berjajar di area acara berhasil menarik perhatian pengunjung dengan hasil karya yang ditampilkan berkaitan dengan lingkungan, seperti produk pupuk organik dan pupuk kompos.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan sederet seniman, termasuk penampilan tarian tradisional dan perform penyanyi Fany Sabilla.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *