Buka Kontes Ayam Pelung, Dicky Saromi Ajak Masyarakat Syukuri Kekayaan Jawa Barat

BUDAYA47 Dilihat

Kota Cimahi, Barometer Jabar – Ada yang unik di Minggu pagi Kota CImahi, yakni diselenggarakannya kontes ayam pelung yang berlangsung di Ecowsata Cimahi, Minggu (9/6/2024).

Kegiatan unjuk suara dan penampilan ayam pelung itu dibuka Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang juga dihadiri Dinas Pangan dan Pertanian Provinsi Jawa Barat.

Puluhan ayam pelung dari berbagai daerah dihadirkan untuk mengkuti kontes yang juga merupakan rangkaian memeriahkan HUT ke 23 Kota Cimahi.

Baca juga: Pasar Awi Camperik, Asiknya Kulineran Pagi di Kota Cimahi

Menurut Dicky, terdapat nilai-nilai positif dari kegiatan tersebut, diantaranya menjadi upaya pelestarian fauna endemik Jawa Barat itu.

Nilai positif lainya dalah menjadikan kontes ayam elung sebagai daya tarik wisatawan dari berbagai daerah untuk hadir dan berkunjung ke Kota Cimahi.

“Dari sini kita ikut bersama-sama melestarikan salah satu endemi dari Jawa Barat dan sudah menjadi budaya bagi mereka yang hobi dengan ayam pelung,” tuturnya.

Baca juga: Laksanakan Jumling, Bupati Santuni Puluhan Anak Yatim di Pacet

Ia menatakan, masyarakat Jawa Barat harus bersyukur atas limpahan potensi dan kekayaan alam yang diberikan Tuhan, termasuk kekayaan akan flora dan fauna.

Keika kontes yam pelung itu menarik perhatian masyarakat secara meluas, maka hal itu kata Dicky akan berdampak pada peningatan perekonomian Kota Cimahi.

“Kita bangga bahwa Jawa Barat merupakan provinsi yang kaya di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Pemkot Cimahi Mulai Bangun Sistem Sanitasi di Kelurahan Melong

Diketahui, kontes ayam pelung diikuti ratusan pehobi dari berbagai provinsi di Indoneaia, sebut saja dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Menurut anggota komunitas pehobi ayam pelung Rudi, ayam yang mereka bawa akan mengikuti lomba dalam tiga kelas, yaitu kelas suara, kelas bobot, dan kelas performance.***

 

Jurnalis: Cecep Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *