Penjabat Wali Kota Cimahi Pimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana

BANDUNG RAYA81 Dilihat

Kota Cimahi, Barometer Jabar – Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menekankan pentingnya seluruh pihak memahami dan menyadari potensi kebencanaan yang mungkin terjadi.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kota Cimahi, Rabu (22/5/2024).

Menurut Dicky, Dengan pemahaman dan kapasitas pengetahuan terkait kebencanaan akan memperkecil resiko jika bencana terjadi.

“Kesiapan masyarakat menghadapi ancaman menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima,” tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), jalan Aruman, Kelurahan Pasirkaliki itu kata Dicky, merupakan upaya meningkatkan kapasitas dalam upaya pengurangan resiko bencana.

Beragam sub kegiatan dilaksanakan BPBD Kota Cimahi dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan itu seperti edukasi kebencanaan dan simulasi evakuasi mandiri.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Fithriandy Kurniawan menyebut, tujuan dari kegiatan hari itu adalah untuk membangun kesadaran masyarakat akan bencana.

Kegiatan diikuti 300 peserta yang berasal dari berbagai unsur, termasuk Polri, PMI, Kwarcab Pramuka, serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Cimahi.

Sementara itu, Pusdalops BNPB Lukmansyah yang turut hadir menandaskan tiga hal yang perlu disiapkan dalam menghadapi potensi bencana, yakni kesiapan, peringatan, dan mitigasi.

Ia menambahkan, Masyarakat penting untuk memahami langkah yang harus diambil ketika terjadi bencana.

Hal tersebut menurutnya penting agar masyarakat dapat mengurangi resiko dari bencana yang dihadapi.***

 

Jurnalis: Cecep Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *